Skip to content

Cari Rumah di Jogja


Beberapa minggu terakhir ini, mulai terpikir untuk mencari rumah di Jogja.
Dan ternyata sekarang harga rumah di Jogja sudah gila – gilaan.
Itu terjadi karena di beberapa kawasan, harga tanah melambung sangat tinggi.
Bahkan ada yang menawarkan seharga 6jt/m,bahkan lebih. Harga yang tidak terpikirkan 10 tahun lalu.
Dari beberapa survey dan melihat – lihat dilapangan, ada beberapa area dengan karakteristik berbeda.
Ini bisa menjadi modal untuk menyesuaikan dengan kantong.
1. Kawasan Dalam Ringroad
Kawasan dalam Ringroad boleh di bilang kawasan kota. Karena hampir semua kegiatan pusat bisnis maupun pendidikan berada di dalam Ringroad. Kawasan ini tentunya harganya selangit. Sangat cocok bagi yang berkantong tebal, atau cocok juga untuk yang punya insting bisnis yang bagus. Rumah di sekitar ini, bagi saya nampaknya terlalu mubadzir untuk difungsikan hanya sebagai tempat tinggal. Akan lebih bermanfaat bila bisa difungsikan untuk bisnis ataupun kost-kost-an.
2. Kawasan di luar ringroad dan dekat Kampus
Kampus boleh dibilang tidak hanya sebagai pusat pendidikan, tapi juga pusat kegiatan perekonomian di Jogja. Ini ditandai dengan terdongkraknya harga tanah di kawasan sekitar kampus. Kawasan Jalan Monjali, Jalan Kaliurang, Jalan Gejayan dan Kecamatan Condong Catur di Jogja utara, adalah daerah – daerah termahal berikutnya setelah kawasan dalam ringroad. Kawasan ini selain cocok untuk hunian, karena relatif sejuk udaranya, juga cocok untuk bisnis. Karena di sini relatif dekat dengan kampus. Di sini juga sudah banyak berdiri perumahan – perumahan elite yang kebanyakan barharga di atas 400jt-an.
3. Kawasan Kabupaten Sleman
Tanah yang berada di kabupaten Sleman, biasanya harganya lebih tinggi dibanding kabupaten yang lain di DIY. hal itu saya tengarai karena memang letak Sleman yang cukup strategis karena banyak di lintasi jalan Provinsi dan Jalan Negara yang menghubungkan Jogja dengan Jawa Tengah.Selain itu kawasan Sleman juga merupakan Daerah pertanian yang subur dan banyak air. Mungkin berkah dari Gunung Merapi. Kawasan Sleman sangat cocok untuk perumahan dan area pertanian dan peternakan.
4. Kawasan Selatan Ringroad.
Kawasan Selatan Ringroad utamanya Gamping, Jalan Bantul, Jalan Parangtritis, Jalan Imogiri sampai Banguntapan memiliki harga yang relatif mahal juga. hampir sebanding dengan dengan Kawasan Kabupaten Sleman atau Kawasan Sleman yang dekat ringroad.Itu disebabkan area ini lebih dekat dengan pusat – pusat ekonomi semisal dekat dengan UMY, Terminal Giwangan, Bandara Adi Sucipto, JEC, AMPLAZ dll.
5. Kawasan Kalasan, BERBAH dan SEDAYU, Bangun Jiwo
Kawasan Kalasan, Berbah di timur Jogja dan Sedayu di Barat Jogja, nampaknya akan menjadi kawasan yang masuk akal buat kantong yang tidak terlalau jauh dari pusat kota..
Kalasan memiliki tanah yang subur dan udara yang lebih adem. Sangat cocok untuk tempat tinggal dan kawasan pertanian. Berbah juga cocok untuk pertanian. Kawasan Bangunjiwo, memiliki kontur yang naik turun dan sangat kering saaat kemarau. cocok buat tempat tinggal karena relatif dekat pusat kota. Tapi perlu di waspadai tanah bergerak di sana.Kawasan Sedayu, mungkin akan mulai menggeliat. Kawasan ini akan menjadi hot, kalo nanti Bandara jadi pindah ke Kulon Progo. Daerah Jalan Wates akan jadi Primadona Baru. Daerah ini apalagi yang kalau dari Jogja adalah sebelah kanan Jalan, tanahnya sangat subur dan airnya relatif bagus. Begitu juga harganya masih cukup terjangkau untuk tahun 2012 ini.
6. Kawasan Kulon Progo, Bantul dan Gunung Kidul.
Kawasan Kulon Progo mungkin yang menurut saya paling prospektif. Adanya jalan Provinsi dan akan adanya berbagai mega proyek di sana, mungkin akan sangat cocok untuk investasi. Terlebih kebanyakan tanahnya juga relatif subur dan datar. Bantul dan Gunung Kidul bagian selatan juga akan bagus kalau nanti jalur PANSELA (Pantai Selatan Jawa) mulai berfungsi, yang sekarang masih dalam tahap Pembangunan dan Pembebasan Lahan.

2 Komentar leave one →
  1. Faizal Egi permalink
    Senin, 23 Februari 2015 4:00 pm

    Benar mas, bahwa harga rumah di Jogja terbilang mahal. Maka dari itu, sebaiknya anda berinvestasi di tempat yang tepat. Kami, CitraGrand Mutiara adalah salah satu masterpiece dari salah satu pengembang terbesar di Indonesia, CIPUTRA. Kami adalah satu – satunya perumahan di Jogja yang terdapat WATERPARK di dalam kawasannya, selain itu kami juga menawarkan fasilitas – fasilitas yang tidak ditawarkan oleh kebanyakan perumahan lain di Jogja, misalnya Estate Management dan Infrastruktur Bawah Tanah.

    Berlokasi di Jl. Wates KM. 9, Gamping, Sleman, sebagai kawasan yang sedang berkembang, hanya 5 menit dari UMY dan 20 menit dari Malioboro. Memiliki luas kawasan sekitar 10 Ha dengan total lebih dari 300 unit rumah, Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :

    EGI – 0819 0411 0669

  2. Sabtu, 4 Juli 2015 9:26 am

    Mungkin bisa coba cari rumah murah di Yogyakarta via situs kami mas http://www.jualkontrakrumah.com/cari/jual_rumah/yogyakarta/?min_price=any&max_price=any&k=1:2:3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: